TAHU ACI ( TAHU TEGAL )


Bahan :
Tahu secukupnya potong bentuk segitiga direndam air garam (asli tahu tegal pakai tahu kuning)
200 gr tepung tapioka
2 btg daun seledri (lebih enak sich pakai daun kocai) diiris halus
Air dingin secukupnya

Bumbu halus :
3 butir bawang putih
1 sdt merica
1 sdt garam
1 sdm masako rasa ayam
½ sdt terasi ABC yang disangrai
Bubuk kunyit secukupnya (tidak pakai)

Sambal Kacang :Bahan :50 gr kemiri, sangrai50 gr kacang goreng (dihaluskan)3 buah cabai merah2 cabai rawit100 ml air matanggaramgula pasircuka, jika suka
Cara membuat :
Campur tepung kanji, daun seledri dan bumbu halus uluni dengan diberi air aduk supaya jadi adonan yang bisa dipulung.
Panaskan minyak yang banyak, lalu ambil adonan tepung dibuat agak lonjong lalu tempelkan ke potongan tahu .
Goreng sampai kecoklatan dan matang.
Sajikan dengan cabai rawit /sambal kacang

Sambal Kacang :Haluskan kemiri, cabai rawit dan cabe merah. Kemudian campurkan bumbuhalus dengan kacang goreng yang telah dihaluskan, tambahkan air,garam, gula dan cuka.
NB : resep ini telah dimodifikasi kalo pengen lihat yang asli lihat ( kesini )

About these ads

21 Responses to “TAHU ACI ( TAHU TEGAL )”

  1. hasbu Says:

    enyong mantan wong slawi, menetap nang jogya jarang balik ya kangen tahune

  2. syah_ierfan Says:

    terima kasih atas resepnya. kita juga mau buka usaha tahu aci. mohon dukungan dan doanya ya!!!!semoga jalan kita dimudahkan dan mendapat ridlo-Nya. kalau ada info lagi mengenai tahu aci dapat poskan di imel saya. sekali lagi terima kasiih banyak.

  3. Asri Says:

    Kalau mau resep yang asli datang saja ke sumber pembuat tahu asli di banjaran Tegal, atau di kota Tegalnya, selamat berusaha, semoga sukses.

  4. Yatnot bin Kis Says:

    Nang Jakarta Inyong coba gawe tahu aci tapi sewaktu digoreng acine misah karo tahune, ora nempel gitu lho

  5. prast Says:

    saya pernah nyoba tahunya waktu ke tegal, ueeenaaak tenan, mbak saya minta ijin pasang artikelnya di blog saya, makasih

  6. hety Says:

    enek temen yah tahune

  7. joni gunawan Says:

    enyong wong tegal saiki tinggal neng medan,ari kangen tahu tegal enyong nyoba gawe tapi ora seenak tahu tegale,neng medan tahune kurang enak

  8. danang Says:

    Wah, saya berterimakasih udah diberitahu resepnya. nih juga mau coba peruntungan usaha tahu di surabaya. muga ajah laris.. amin. skali lagi thank you.
    inspiringnewseason.blogspot.com

  9. Asri Says:

    @ Mas Danang : Semoga tahunya laris dan sukses selalu.

  10. hifni sungkar Says:

    Wow akhir nya istri ku bisa bikin tahu slawi thx berat ,35 thn tinggal di sydney baru sekarang merasakan tahu slawi,ortu ku asli tegal,jadi lidah ku lidah tegal,terimakasih.

  11. Ani Purwati Says:

    Thanks infonya, Mba, sy mo nyoba buat bisnis rumahan. Mohon doa ya, tetep semangat dan laris tahunya, heheh.

  12. AGUS PRASMANTO Says:

    trim resepnya bojone enyong pan nyoba moga-moga hasil

  13. olied bedje Says:

    nyong asli adiwerna, tp skrng menetap di kota bawang, pan nyoba usaha tahu banjaran, tp udh nyoba bkn tp blm bs seenak asline, brarti kurang apa y?

  14. harie Says:

    aku asli wong tegal saiki nang jakarta. pengen bisnis tahu aci, pan nggawe tahu dewek kan repot, apa ana sing mau ngedrop tahune ?
    dadine aku sing nggawe adonan tholi nggoreng… sreng.
    priben.. ada sing pan ngedrop tahune ???

  15. indah sariwati Says:

    saya sudah pernah membuat tapi kok sewaktu tahunyadigoreng kok meledak minyak gorengnya sampai muncrat saya jadi kapok mo membuat lagi, mohon saranya agar sewaktu digoreng tidak meletup, makasih

  16. indah sariwati Says:

    saya pernah mencoba buat tapi kok direng meletup,mohon saranya makasih

  17. tqnku Says:

    thanx banget infonya ya..wis tak coba hasile lumayanlah kanggo ngobati rasa kangen tahu slawi http://share-file-gratis.blogspot.com/2012/07/cara-alami-meluruskan-rambut.html

  18. agus Says:

    wah mumpung ada yg bahas tahu aci ni…ak wong tegal kie,wlpn dluar kota tiap mggu pst blik neng tegal…klo mau pesen tahu tegal asli bs sms aja k aku…ni nomerku 085659679721…djamin asli n ueeenak garing n gurih…

  19. Fitriana Rahayu Says:

    Terimakasih mba resepnya :)
    Saya tinggal di tangerang , saya sm mamah mau mencoba membuatnya , kebetulan mamah saya asli org tegal . semoga saja rasanya enak , dan bisa jd sumber rejeki . Amin
    Doakan ya mbak :D

  20. heru Says:

    Mbak Sy orang palembang tapi istriku orang Slawi < memang bener mbak Tahu Slawi nggak ada duanya Penaaaak tenannnn. Sy. pingin buka usaha tapi masih bingung bahan tahunya…

  21. rendy daklan Says:

    Aq wong tegal aq uripe ng jkt ws suwe. Aq pngim buka usaha gorengan tahu aci asli tegal tp angel mend gwene . Ws nyoba gwe tp ra dadi di goreng acine ng jerone esh mntah . Goreng sue mlh geseng . Pngin bisa mend sung gwe tahu aci mend enak kya asline.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 66 other followers

%d bloggers like this: