CILOK KENYAL


Di rengat tak ada yang jualan cilok padahal pengen banget, resep aslinya sich cireng milik … tapi aku modifikasi .

Bahan:
200 gr tepung kanji
4 sdm munjung tepung terigu
1 btg seledri rajang halus
250 ml air panas
bumbu halus:
½ sdm merica bulat
1 sdm peres garam
2 butir bawang putih
pelengkap :
sambal pecel instant, saus sambal, kecap manis

Cara membuat :
-Campur tepung kanji, tepung terigu, dan irisan seledri aduk biar tercampur rata.
-Campur bumbu halus dengan air panas.
-Campur antara bahan tepung dan air berbumbu uleni sampai bisa dibentuk (sewaktu memasukan air sedikit demi sedikit ).
-Didihkan air lalu adonan dibentuk sebesar kelereng,masukan kedalam air mendidih sampai terapung, angkat.
-Biar hangat terus, taruh dalam dandang panas.
-Sajikan dengan sambal pecel beri sedikit saus sambal dan kecap manis.

NB: cilok ini rasanya terlalu kenyal mungkin kalo dimakan yang pakai gigi palsu bisa ngikut nanti tapi dijamin enak lho.

29 Responses to “CILOK KENYAL”

  1. Anonymous Says:

    aku coba resep cilok mba, tapi kok dalamnya belum matang ya.. apa ada trik.. terima kasih ya…

  2. dini Says:

    Resep menarik… semoga banyak ibu rumah tangga yang baca. Sukses buat Jeng Asri

  3. Dina Hakimi Says:

    Salam kenal mbak asri…
    Seneng deh waktu nemuin blog mbak asri ini. Resepnya menarik-menarik. Ga sabar untuk nyobain. Sukses dan update terus ya…

  4. talia Says:

    Hello mbak asri,
    Saya seneng banget nemuin ini, resepnya gampang diikuti, tapi saya harus pinter bermodifikasi karena saya udah lama tinggal diluar Indo, jadi resep resep mbak asri tu saya anggap penawar rindu masakan asli indo.
    Dari taliabungsu@hotmail.com

  5. arini chan Says:

    salam Mbak Asri..thanks banget nih, resepnya ga ribet, ga sabar mau coba.Sukses ya..

  6. Asri Says:

    Mbak arini chan, terimakasih telah berkunjung.

  7. sri lestari Says:

    salam kenal,mbak asri mau nyobain ah resepnya,thanks ya,coba resep yg baru d kirim.

  8. evi Says:

    Alo mba,aku dah nyobaiin resepnya,kalo mnrt aku perband terigu ma sagunya kurang mba,jd tll kenyal..kalo 1:1 gmn??krn punya aku tdpun 1:0,5 jg msh tll kenyal,beda ma yg dijual abang2..

  9. kang iwan Says:

    klo perbandingan 1 : 0,75 antara aci (tepung kanji) dan tepung terigu pas kekenyalannya (menurut teman tukang cilok di bandung), gunakan daun bawang yang bagian hijaunya saja. biar mateng didalamnya tunggu cilok sampai terapung dan tunggu lagi 10 menit. bisa di isi variasi seperti abon atau gajih (lemak daging yg berwarna putih).

  10. wewen Says:

    jeng asri nie cilok kan g pakek daging…..
    pa g remuk….
    biasanya orang low bwt cilik mesti kan dicampuri daging…..

  11. dwie Says:

    liat gambarnya jd pengen…ga sabar mau nyoba…..!

  12. anda suganda "Pustaka Anda" Says:

    Makasih mbak sri,,,
    Mmmm,,,Mantab,,
    Jadi ingat masa lalu hiks,,,
    waktu saya SD,,Harganya cuma Rp. 1,-
    and berlanjut saat remaja
    Ketika silaturahmi di sore hari,,,
    selalu makan cilok bareng dengan seseorang,,
    cilok isi daging/gaji but bumbunya di pisah
    bahkan tanpa bumbu kacang pun
    tetep enak,,,

  13. Wida Says:

    Tak coba ah..

  14. shandy Says:

    wew…
    enak bak cilokx..
    aq udaah xobak..

    kok dak di jual aj?..
    pasti laris manis..
    aq doain suksess yaa?..

    amieenn..

    facebook:
    ”shandy ri caldo”
    asal bondowoso..
    di add yaa?..

  15. Inka Says:

    Aku dah coba…..enak rasanya, coba gajih atau daging yang berbumbunya dikasih kentang rebus…wah tambah nikmat…….( lihat di Trans TV….Jika aku menjadi..tukang cilok…) enakkkkkkk

  16. rose Says:

    anak sy minta ma2’a yg bikin, aq cari web eh nemu nyoba ach, doa’in berhasil ya mba,trims

  17. Elva Says:

    mba…
    aku lagi cari resep cilok, eh nongol blog ini… ijin coba resep ya.. doakan semoga berhasil hihihi

  18. devi Says:

    saya sudah buat resep mbak asri ini..
    tp hasil ciloknya terlalu lengket.
    apa mgkn komposisi antara tpung knji dan terigu kurang tepat ya mbak??

  19. Vivi Alfiyanti Says:

    Supaya dalamnya matang merata…cara bikinnya ga semua bahan langsung campur jd satu. Caranya bikin bubur terigu dulu + bumbu (klo aku perbandingan aci dan terigu 1:0.5)…tunggu sampai dingin/hangat baru masukkan aci/tapiokanya. diuleni sampai kalis lalu dibentuk. cemplung2in deh ke air mendidih ampe ngapung…dijamin matangnya merata.

  20. eva maulud diad Says:

    aq mwu nxobak achh..
    bwt ngsih liburan aq drmah..
    do’ain sukses zz..
    mkch

  21. kiki Says:

    aku mau nyoba’ mb asri,,, thankz,, sukses slalu!!!

  22. Firman Says:

    wew…seru juga neeh resep….bisa buat modal usaha…Muantapppp

  23. Ryan Says:

    Saya memang sudah mengikuti cara seperti itu,, tapi knpa cilok.nya udah jdi mlah di tengah-tangahnya keras. .nggak bisa kenyal

  24. CILOK bukan CINLOK | When Ukhtay Cooks Says:

    […] Oooo waktu di Swedia saya kangen sekale sama jajanan yang satu ini dong. Akhirnya Googling dan menemukan resep di sini https://asri78.wordpress.com/2007/01/21/cilok-kenyal-3/ […]

  25. rulia Says:

    Mantaaap deh mbak..maksih ya..terobati jg makan colok favorit anak sy. Cuma sayangnya di dubai susah minta ampun cari tepung kanji..jd kalo balik ke indo beli banyak biar bs bikin cemilan khas bandung ini…thanks ya

  26. Resep Dan Cara Membuat Cilok - Aneka Resep Masakan Nusantara Says:

    […] CILOK KENYAL Resep membuat cilok enak – tips, Resep membuat cilok enak istimewa bandung. makanan kecil satu hampir mengenalnya menjadi khas jajanan kuliner kota bandung. […]


Leave a comment